Ruang Dalam Seni


Ruang
Ruang merupakan unsur pokok lain yang menentukan terwujudnya suatu gerak. Tanpa ada ruang tidak mungkin terwujud suatu gerak. Gerak yang dibuat memiliki desain ruang dan waktu, dengan demikian penari semata-mata dapat bergerak atau menari karena adanya ruang. Ruang dalam tari  yaitu sebagai berikut
1. Ruang yang diciptakan oleh penari
Ruang yang diciptakan penari adalah ruang yang langsung berhubungan dengan penari, batas ruang yang diperlukan untuk melakukan gerak sesuai dengan gerakan yang mampu dilakukan oleh penari, yaitu batas yang paling jauh yang dapat dijangkau oleh tangan dan kaki penari dalam posisi tidak pindah tempat.  Seorang penari yang mampu mengontrol penggunaan ruang akan memperbesar kekuatan yang ditumbuhkan oleh gerak yang dilakukan, hal itu disebabkan oleh gerak penari berinteraksi dengan ruang. Pembagian jenis ruang yang diciptakan penari menurut Murgiyanto yaitu:
1. Garis Gerakan tubuh dapat diatur sedemikian rupa sehingga memberikan kesan berbagai macam garis. Garis-garis itu menimbulkan kesan yang tidak berbeda dengan garis-garis dalam seni rupa. Garis mendatar memberikan kesan istirahat, garis tegak lurus memberikan kesan tenang, dan seimbang, garis lengkung memberikan kesan manis, sedangkan garis-garis diagonal atau zig-zag memberikan dinamis.
2. Volume Gerakan tubuh mempunyai ukuran besar kecil atau volume. Gerakan melangkah kedepan misalnya bisa dilakukan dengan langkah yang pendek, langkah biasa, atau langkah lebar. Ketiga gerakan itu sama, tetapi ukurannya berbeda-beda. Sebuah posisi atau gerakan yang kecil bisa dikembangkan, sementara gerakan yang besar dapat dikelcikan volumenya.
3. Arah Gerak juga memiliki arah, seringkali dalam menari kita mengulangi sebuah pola atau rangkaian gerak dengan mengambil arah yang berbeda, kecuali arah atas dan bawah. Sebuah gerakan dapat dilakukan dengan ke arah depan, belakang, kiri, kanan, serong kiri depan, serong kanan depan, serong kiri belakang, dan serong kiri belakang. Seorang pahlawan akan berjalan lurus ke 26 depan tanpa takut, tetapi seorang pengecut akan jalan berbelit-belit dan tidak langsung menuju ke sasarannya.
4. Level atau tinggi rendah Garis mendatar yang dibuat oleh seorang penari dengan kedua belah lengannya dapat memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Posisi itu dapat dilakukan sambil duduk, berjongkok, berdiri biasa, mengangkat kedua tumit, dan bahkan sambil meloncat ke udara. Ketinggian maksimal yang dapat dicapai oleh seorang penari adalah ketika meloncat ke udara, sedangkan ketinggian minimum yang dapat dicapai seorang penari ketika rebah ke lantai. Seorang laki-laki dengan kedua tangan menggenggam lurus di atas kepala akan memberikan kesan menentang dan melawan mungkin terhadap nasib, akan tetapi apabila genggaman itu diturunkan sampai ke depan dada, maka posisi itu akan memberikan kesan bertahan. Bila kedua tangan diturunkan lagi dan dikepal di kiri dan kanan tubuh, akan mengesankan seorang yang sedang berusaha keras manahan atau menguasai dirinya.
5. Fokus pandangan Fokus yaitu sudut pandang suatu perspektif penonton yang diperlukan dalam melakukan tarian (Rachmi 2008:6.11). Apabila di atas pentas terdapat delapan orang penari dan semuanya memusatkan perhatian ke salah satu sudut pentas, maka perhatian pun akan terarah ke sana, sehingga penari yang sesaat kemudian ke luar sudut ini akan menjadi fokus pandang penonton. Arah pandang tiap-tiap pemain itu memusatkan perhatian kepada orang yang ke delapan, maka perhatian penonton pun akan terarah kepadanya.
Ruang pentas
Ruang ini tempat penari melakukan gerak dalam wujud ruang secara nyata atau sebenarnya. Ruang ini merupakan arena yang dilalui penari dalam melakukan suatu gerak, misalnya panggung, halaman terbuka dan lapangan.
Seni pertunjukan adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.
Meskipun seni pertunjukan bisa juga dikatakan termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan seni mainstream seperti teatertarimusik dan sirkus, tetapi biasanya kegiatan-kegiatan seni tersebut pada umumnya lebih dikenal dengan istilah pertunjukan seni. Seni pertunjukan adalah istilah yang biasanya mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan kini mulai beralih ke arah seni kontemporer.
Jenis Seni Pertunjukan :
1.   seni akrobat,
2.   mengamen,
3.   komedi/lawak,
4.   tari,
5.   pentas musik,
6.   opera,
7.   sulap
8.   teater
9.   film dan lain-lain.
10. seni kebahasaan puisipidato
Macam-macam seni di Indonesia :
Seni pertunjukan di Indonesia merupakan karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Berikut adalah macam-macam seni pertunjukan di Indonesia:
·         Banjet (Jawa Barat bagian utara)
·         Barongan (hampir di seluruh daerah)
·         Barongsai (Jawa Tengah)
·         Burokan (Jawa Barat)
·         Hadrah (Pulau Jawa)
·         Hudoq (Kalimantan Timur)
·         Kecak (Bali)
·         Kethoprak (Jawa Tengah)
·         Lengger (Jawa Tengah)
·         Lengguk (Jawa Tengah)
·         Lenong (DKI Jakarta)
·         Liang liong (Jawa TengahJawa Timur)
·         Ludruk (Jawa Timur)
·         Makyong (Riau)
·         Mamanda (Kalimantan)
·         Ondel-ondel (DKI Jakarta)
·         Oprak alang (Jawa Tengah bagian utara)
·         Orkes gambus (hampir di seluruh daerah)
·         Randai (Sumatra Barat)
·         Reog (Jawa Timur)
·         Rudat (Jawa Barat)
·         Saman (Aceh)
·         Sanghyang (Bali)
·         Seblang (Jawa Timur)
·         Sendratari Ramayana (YogyakartaBali)
·         Sintren (Jawa Tengah)
·         Srandul (Jawa Tengah)
·         Tanjidor (DKI Jakarta)
·         Tarling (Jawa Barat)
·         Wayang bangsawan (Kepulauan Riau)
·         Wayang golek (Jawa Barat)
·         Wayang kulit (Pulau Jawa)
·         Wayang orang (Jawa Tengah)
·         Wayang potehi (Jawa Tengah)
·         Wayang rumput (Jawa Tengah)
·         Zapin (Pulau Kalimantan)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASAL USUL KESENIAN BUROK

KETERKAITAN KESENIAN BUROK DENGAN AGAMA ISLAM

RAHWANA